Senin, 28 September 2009

HADAPILAH TANTANGAN

Markus 3: 1-6
3:2 Mereka mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang itu pada hari Sabat, supaya mereka dapat mempersalahkan Dia

Ada pepatah lama yang mengatakan ‘semakin tinggi pohon maka semakin banyak pula angin yang menerpanya.’ Pepatah ini ingin menunjukkan bahwa semakin kita melangkah maju untuk mencapai tujuan, akan semakin banyak pula rintangan yang menghadang. Pada saat itu akan semakin banyak orang yang suka mencari-cari kesalahan untuk menjatuhkan kita. Apabila kita tidak mampu menguasai diri, maka rintangan itu akan menghancurkan langkah kita.
Tuhan Yesus pada saat sedang ada dalam sebuah rumah ibadat Yahudi. Dalam rumah ada seorang yang mati sebelah tangannya, mungkin semacam penyakit stroke di masa kini. Yesus dikenal sebagai seorang penyembuh yang ajaib, tetapi masalahnya adalah, saat itu adalah hari sabat. Pada hari sabat umat Yahudi percaya bahwa mereka tidak diperbolehkan untuk melakukan sesuatu apapun kecuali beribadah kepada Tuhan. Mereka menunggu Yesus untuk melakukan mujizat penyembuhan sehingga mereka dapat mempersalahkanNya, sebab dianggap melanggar hukum Musa. Mereka lupa bahwa berbuat baik juga merupakan ibadah kepada Tuhan Allah (ayat 4).
Yesus menghadapi tantangan, menyembuhkan orang yang lumpuh sebelah tangannya itu dengan resiko dianggap melawan hukum Musa dan tradisi, atau tidak menyembuhkannya. Yesus memilih untuk melawan tantangan itu. Ia menunjukkan kebenaran pada bangsa yang dibutakan perilaku dan aturan-aturan yang dibuat para pemimpin agamanya.
Bagaimana dengan kita? seringkali saat melangkah maju dan memperjuangkan kebenaran kita juga menghadapi tantangan dari orang-orang di sekitar kita. mereka terusik dan terganggu dengan niat baik kita. apakah kita gentar menghadapi tantangan itu? Jangan gentar! Apabila kita melangkah ke arah yang lebih baik dan bertujuan mulia, percayalah Tuhan pasti menyertai dan menolong kita. tetaplah berfokus pada tujuan dan melangkah dengan iman dan keyakinan, maka hasil yang baik menanti kita.

Tantangan boleh datang dan menghadang, tetapi orang yang memiliki keyakinan tidak akan tergoyahkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar