Rabu, 15 Juli 2009

MENGEVALUASI DIRI SENDIRI

Evaluasi, suatu kata yang sering kita dengar, apalagi sebagai seperti saya, atau bagi yang sudah punya anak, ataupun bagi siswa-siswi yang masih bersekolah. Evaluasi bermakna analisis dan penilaian terhadap sesuatu hal supaya bisa disempurnakan. Evaluasi juga sering dipakai untuk menentukan kapabilitas seseorang dalam melaksanakan tugasnya. Melalui evaluasi, kita bisa menentukan langkah-langkah selanjutnya sehingga semakin hari ada perbaikan ke arah yang lebih positif.
Disadari ataupun tidak, dalam keseharian, kita seringkali dengan mudahnya mampu mengevaluasi keberadaan orang lain, apakah itu orang tua, anak, pendeta, rekan kerja, atasan, dan lainnya.karena sering dan terbiasanya, kita jadi lupa bahwa ada pepatah 'gajah di pelupuk mata tak tampak tetapi debu di mata orang dicari-cari'. kita kehilangan kepekaan untuk mengevaluasi diri sendiri. Padahal self evaluation berperan penting dalam peningkatan dan pengembangan kepribadian dan kompetensi. melalui otokritik dan evaluasi diri kita akan mampu menilai diri secara utuh dan holistik, kita juga mampu membuat rancangan-rancangan menuju esok hari yang lebih baik.
Mari kita belajar untuk tidak hanya pandai mengevaluasi dan mengomentari keberadaan orang lain, saatnya kita mengevaluasi diri, sudahkah kita berguna dan menjadi berkat orang lain, sudahkah orang lain menjadi bersukacita saat kita ada didekatnya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar