Minggu, 04 Mei 2008

MENDIALOGKAN IMAN
Era post modernisme yang sedang kita hadapi saat ini menuntut kita untuk mampu mengkontekstualisasikan iman secara lebih arif dan bijaksana. Perlu di gaungkan upaya mendialogkan iman sebagai salah satu bentuk penghargaan antar agama. Upaya mendialogkan iman perlu dalam meningkatkan kesadaran kita akan adanya tanggung jawab bersama dari umat beragama.
Upaya pendialogkan iman amatlah berbeda dengan penyamarataan ataupun penyatuan iman, namun upaya ini haruslah dipandang sebagai cara kita untuk mengerti dan memahami iman yang dipegang oleh saudara kita dan menarik benang kusut yang telah merusak rasa tepo seliro dan kedamaian bersama.
Upaya mendialogkan iman bermaksud untuk mencari kesamaan-kesamaan yang dimiliki oleh setiap agama dalam hubungannya dengan tugas dan tanggung jawab bersama umat beragama terhadap hal-hal sosial kemasyarakatan, negara, politik, hokum, dan sebagainya. Upaya ini akan mensinergikan keberagaman yang kita miliki sebagai satu kekayaan yang dapat dipergunakan dalam bingkai pancasila. Jangan takut untuk mendialogkan iman kita, tetapi lawanlah setiap upaya pemaksaan dan pelecehan terhadap iman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar