Senin, 20 April 2009

HARI MINGGU = HARI SABAT?

Apakah hari sabat yang disebutkan berkali-kali dalam Alkitab adalah sama dengan hari minggu di masa modern? Memang, secara fungsi hari sabat dalam Alkitab dan hari Minggu di masa kini memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai hari yang umum digunakan oleh umat Kristiani untuk beribadah kepada Tuhan. namun, sebenarnya hari sabat dalam Alkitab dan hari minggu adalah hari yang berbeda. Hari sabat yang digunakan umat Yahudi untuk beribadah dalam masa sekarang dikenal sebagai hari sabtu, yang juga digunakan umat Kristen Adventis untuk beribadah. Hari sabtu adalah hari ketujuh atau hari istirahat, menurut Perjanjian Lama dan hari minggu adalah hari pertama.
Lantas kenapa sekarang kita beribadah di hari Minggu? Kisah ini dimulai tidak lama setelah kebangkitan TUHAN Yesus, dalam rangka memberikan penghormatan akan hari kebangkitanNya murid-murid TUHAN mengadakan ibadah pada hari Tuhan(sekarang dikenal sebagai hari minggu) dan mulai meninggalkan kebiasaan ibadah pada hari sabat (sabtu). hal ini juga menegaskan pembedaan antara agama Kristen dengan agama Yahudi. Hari minggu sendiri secara etimologis berasal dari bahasa Portugis 'dominggo' yang artinya juga Hari TUHAN.
Kaisar Konstantin Agung yang Kristen mulai mengeluarkan perintah supaya hari minggu dijadikan hari libur di seluruh wilayah kekaisarannya(Romawi). Hal itu berlaku hingga saat ini hampir di seluruh dunia. dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa, meskipun hari sabat dalam Alkitab bukanlah hari minggu pada masa modern ini, tetapi hal ini tidak mengurangi kekudusan ibadah, sebab hari minggu adalah Hari Tuhan. Kalau setiap hari minggu kita ke gereja, itu berarti juga merayakan dan memperingati kebangkitan TUHAN Yesus dari dunia orang mati. AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar