Sabtu, 04 April 2009

ZAITUN, SELALU HIJAU SEPANJANG TAHUN

Zaitun (olea europaea) adalah tanaman asli daerah Timur Tengah dan daerah tertentu di Afrika Selatan. Ada juga di California, Australia. Zaitu adalah pohon yang kuat dan tingginya mencapai 6 meter dengan dahan yang banyak. Pohon ini dikenal selalu menghijau di sepanjang tahun dan mulai berbuah setelah lima tahun. kemungkinan, beberapa pohon Zaitun besar yang ada di taman Getsemani sekarang ini sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu (zaman Tuhan Yesus.
Alkitab menyebut Zaitun pertama kali dalam Kejadian 8:11 saat burung merpati kembali kepada Nuh dengan membawa daun Zaitun segar, setelah dunia dilanda banjir air bah yang maha dahsyat.
Pohon Zaitun sangat berharga bagi orang Yahudi. buahnya yang masih muda dapat langsung dimakan ataupun diawetkan sebagai penyegar, sedangkan buah yang tua dapat diperas dan diambil minyaknya untuk berbagai keperluan. Minyak Zaitu digunakan dalam upacara keagamaan, kesehatan dan kecantikan, sebagai minyak lampu penerangan, untuk mencampur rempah-rempah wangi, sebagai bahan dasar pembuatan salep dan minyak urapan. Daunnya digunakan sebagai obat luka dan berbagai infeksi. Singkatnya, Zaitun sangat berguna bagi manusia.
Ini melambangkan orang benar, yang selalu menyerahkan hidupnya kepada Tuhan bahkan dengan tulus bersyukur meskipun mengalami keadaan hidup yang berat. meskipun keadaan sekeliling kita dan bahkan dunia saat ini sedang dilanda krisis global(global crisis) yang menyesakkan para pelaku usaha, tetapi iman dan keyakinan kepada perlindungan Allah akan membuat kita tetap kokoh berdiri, bahkan bermanfaat bagi sesama. AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar