Senin, 30 Maret 2009

KERENDAHAN HATI

Hari minggu kemarin, saya menyampaikan Firman Tuhan dalam ibadah raya gereja kami. saya menyampikan firman Tuhan dengan tema "Kerendahan Hati."yang diambil dari Lukas 14:7-11, demikian bunyinya:
7 Karena Yesus melihat, bahwa tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat kehormatan, Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:
8 ''Kalau seorang mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu,
9 supaya orang itu, yang mengundang engkau dan dia, jangan datang dan berkata kepadamu: Berilah tempat ini kepada orang itu. Lalu engkau dengan malu harus pergi duduk di tempat yang paling rendah.
10 Tetapi, apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di depan. Dan dengan demikian engkau akan menerima hormat di depan mata semua tamu yang lain.
11 Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.''
disini disebutkan bahwa banyak orang yang mengejar kehormatan, mereka dikuasai oleh kesombongan, ingin dipuji oleh orang lain, dan mencari tempat kehormatan. hal-hal seperti ini jelas tidak diinginkan Tuhan Yesus, sebab tidak ada seorangpun yang layak untuk menyombongkan dirinya. segala sesuatu berasal dari Allah dan sudah seharusnya dikembalikan untuk kemuliaan Allah.
Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita supaya mau belajar untuk rendah hati, mau menghargai sesama, bahkan saling mendahului dalam memberi salam dan hormat. kalau kita ingat, ada banyak sekali kerusuhan bahkan peperangan yang mengakibatkan banyak korban jiwa, disebabkan hanya karena rasa sombong dan kurang adanya kerendahan hati. hanya ditegur sedikit langsung marah-marah bahkan bertindak anarkis. saya jadi ingat beberapa waktu lalu ada orang tua murid di sekolah kami yang sedang menunggui anaknya, saat itu dia melihat ada dua orang siswa SMA yang ada di dekat sekolah kami naik motor kencang sekali, padahal itukan di dekat SD, berbahaya bagi pengguna jalan yang lain. bukannya menerima teguran itu, mereka malah turun sambil marah-marah bahkan mengajak berkelahi, ini betul-betul tindakan yang memalukan dan sombong. dia mungkin merasa akan ditakuti dan dihormati dengan berlaku seperti itu, padahal sebaliknya yang didapat, namanya akan busuk dan tercoreng.
contoh diatas hanya satu dari jutaan contoh yang ada, disini saya hanya ingin mengingatkan bahwa Tuhan Yesus meminta kita untuk selalu rendah hati baik dihadapan manusia terlebih dihadapan TUHAN, sebab orang yang rendah hati akan ditinggikan Allah namun orang sombong akan direndahkan dan dihinakan. "KEHORMATAN BUKAN UNTUK DICARI NAMUN GANJARAN DARI KERENDAHAN HATI". AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar