Jumat, 11 April 2008

DOA YANG BERKUASA

…Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.(Yak. 5:16b)
Siapa orang yang tidak mau doanya berkuasa? Tentu semua orang mau. Masalahnya bagaimana kunci doa yang berkuasa. Sebelum melanjutkan membaca, anda jangan terkecoh, kalau saya bilang doa yang berkuasa, bukan berarti setiap doa anda pasti akan dikabulkan oleh Tuhan. Doa tetaplah doa, suatu permohonan pada yang Maha Memberi, urusan diterima, ditangguhkan atau bahkan ditolak adalah kedaulatan dari Sang Pemberi. Kita tak bisa memaksa sesuatu yang ada di luar batas kemampuan manusia.
Doa yang berkuasa akan memperbesar peluang kita untuk dikabulkan, sebab Tuhan dalam kemahatahuanNya berjanji untuk mengindahkan doa yang berkuasa. Doa yang berkuasa memiliki tiga kriteria, pertama disampaikan oleh orang benar dan kedua, pengakuan dosa dan ketiga, memiliki keyakinan yang kuat. Orang benar bukanlah orang yang tak pernah berbuat salah atau orang yang pekerjaannya melayani Tuhan sepenuh waktu(gembala, pendoa, penatua, penginjil) tetapi orang yang telah dibenarkan oleh darah anak domba Allah(kematian Yesus Kristus di kayu salib)lih. Roma 3:23-24. Oleh karena itu, yang pertama-tama harus anda lakukan adalah mempercayakan hidup anda dalam kuasa dan kasih Tuhan Yesus Kristus.
Syarat kedua adalah pengakuan dosa. Sebab Allah adalah setia dan adil sehingga bila kita mengaku dosa Allah akan mengampuni. Dosa adalah pengganggu keberhasilan doa kita dihadapan Tuhan, sebab itu kita harus menyelesaikan dahulu masalah kita dengan Tuhan atau dengan sesama. Ketiga, doa itu harus di landasi dengan keyakinan yang teguh. Keyakinan akan menimbulkan kekuatan yang dahsyat. Kekuatan untuk terus menanti, terus berharap, terus meminta dan terus percaya.
Janji Tuhan selalu ditepati demikian pula janjinya untuk mengindahkan doa kita(lih.Mat.7:7-8) kuncinya adalah kita harus mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, mengaku dan berpaling dari dosa, dan memiliki keyakinan yang teguh untuk terus berharap. Apabila kita telah melaksanakan ketiga hal ini, maka Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik bagi doa kita. Amin Terpujilah Tuhan Yesus Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar