Jumat, 11 April 2008

PARANORMAL DARI PERSPEKTIF KRISTEN
Arti Paranomal
Secara etimologis paranaormal berasal dari Yunani, kata para artinya “di sisi, di balik, di sebelah, melampuai, tidak ter…”yang berpadanan dengan beside dan beyond dalam bahasa Inggris. Normal, berasal dari kata norma berarti “peraturan, aturan, kaidah, ketentuan, kebiasaan, sesuai aturan, sesuai kebiasaan, sesuai kaidah(Chambers Twentieth Century Dictionary, 1972). Di Amerika dan Inggris, paranormal dikenal istilah para psycology yang artinya:” suatu cabang ilmu jiwa yang berhubungan dengan kemampuan-kemampuan yang tidak lazim, yang umumnya disebut kemampuan-kemampuan kejiwaan atau kebatinan, yang tidak dapat dijelaskan dengan prinsip-prinsip yang dapat diterima oleh ilmu pengetahuan dewasa ini(Encylopedia Americana, 1957, Vol. 22). Pdt. Dr Mailool mengatakan paranormal adalah orang yang memiliki kemampuan lebih dari manusia biasa, yang memiliki kuasa supranatural yang berasal dari kuasa kegelapan.
Paranormal Masa Kini
Melalui berbagai cara paranormal menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat. Paranormal masa kini tidak identik dengan celana hitam komprang, baju dan destar hitam, gelang akar bahar, cincin besar bermata batu akik, dan atribut perdukunan tradisional lainnya. Sekarang paranormal dapat ditemukan dalam iklan-iklan surat kabar, majalah, radio, bahkan televisi. Mereka berpakaian layaknya seorang direktur perusahaan besar, bahkan belakangan banyak ditemui paranormal yang menjadi selebritis.
Paranormal masa kini berusaha untuk menghilangkan kesan angker, sangar, dan menakutkan dan berubah menjadi orang yang ramah, cerdas, menarik. Banyak pemimpin atau calon pemimpin yang menyambangi kediaman paranormal. Tak sedikit pula paranormal yang menyewa hotel, atau gedung mewah sebagai tempat prakteknya. Hal ini digunakan untuk menyelubungi dan memanipulasi kuasa roh jahat yang dipergunakannya.
Paranormal dalam Alkitab
Paranormal dalam Alkitab bukan berarti ada nabi, rasul, atau tokoh yang percaya kepada Allah merangkap menjadi paranormal, atau pembolehan Dalam Perjanjian Lama istilah yang berkaitan dengan paranormal antara lain: ksyp, diterjemahkan dengan ‘tukang sihir, penyihir, perempuan sihir, sihir.’, khrtm diterjemahkan dengan ‘orang berilmu’, khvr diterjemahkan dengan ‘mantra’ (Ul. 18:11; Yes. 47:9, 12), kasdim, agaknya penerjemah memakai kasdim pada zamannya sebagai pengganti kata tertentu dalam bahasa asli.
Selain itu dkenal pula istilah tenung, bentuknya antara lain (a)tenung tongkat(rhabdomanti) lih. Yeh.21:21. (b)menilik hati(hepastokopi) lih.Yeh. 21:21, caranya dengan melihat hati binatang korban. (c)terafim, dihubungkan dengan tenung dalam 1 Samuel 15:23; Yeh. 21:21; Zak. 10:2. (d)menanya arwah(nekromanti) lih. Ul.18:11; 1 Sam. 28:8; 2 Raja. 21:6. (e)ramalan bintang(astrology), mengambil kesimpulan dari posisi matahari, bulan, dan bintang pada rasi satu dengan lainnya.(f)tenung air(hidromanti). Bentuk atau suatu gambar yang kelihatan dalam bokor yang berisi air (Kej. 44:5, 15). (g)undian. (h)mimpi (lih. Yer.23:25-27).
Dalam Perjanjian Baru ditemukan kata (a)magos, diterjemahkan tukang sihir, melakukan sihir. (b)parmakos, diterjemahkan sihir, tukang sihir. Gagasan dasarnya ialah obat-obatan, minuman, racun (Why. 9:21; 18:23; 21:8). (c)goes, artinya penipu (2 Tim. 3:13). Lebih tepat diartikan sebagai tukang sihir yang mengikat orang dengan jampi-jampi.
Dapatkah orang percaya diguna-gunai
Apabila yang dimaksud orang percaya adalah semua orang Kristen, bisa saja ia terkena guna-guna. Orang Kristen bukan berarti kebal guna-guna/ kuasa jahat. Dalam banyak kasus ada juga orang Kristen yang menjadi korban guna-guna. Kekristenan, Alkitab, gereja, bukanlah penangkal dari serangan kuasa jahat.
Jadi, yang dimaksud orang percaya bukan semata-mata karena ia Kristen, tetapi orang yang sudah lahir baru dalam Kristus Yesus sehingga didiami oleh Roh Kudus Apabila Roh Kudus telah mendiami seseorang, maka tidak mungkin kuasa kegelapan mampu menguasai orang tersebut.
Sebagai orang percaya, kita harus mewaspadai munculnya metode-metode pengobatan, pernapasan, perdukunan model baru yang nampaknya bagus, namun ternyata sarat dengan muatan okultisme. Misalnya reiki,new age movement, wai tan kung, tai chi, dan lainnya. Terbukti bahwa, meskipun dibalut dengan pengobatan alamiah, namun bila dicermati ada sesuatu yang berbahaya(tidak sesuai Alkitab) dan dapat ditunggangi kuasa jahat. Yang amat penting untuk disadari oleh umat percaya adalah bertumbuh di dalam iman dan kebenaran, maka Roh Kudus akan memberi perlindungan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar